Minggu, 29 Desember 2013

Membuat PDF Secure menggunakan PDF Creator


Halo sobat!! Bagaimana kabarnya?? :D setelah lama tak menulis, kali ini ane mau kasih tutorial tentang membuat pdf secured. Nhah, biasanya klo kita lagi bikin jurnal, paper, skripsi, tesis dan lain2 pasti donk punya niatan baik untuk berbagi dan mem-publish hasil penelitiannya pada publik. dan pastinya nggak pengen juga donk klo hasil jerih payah penelitian yang udah kita buat dan kita share dengan enaknya di copas ama pihak yang tak bertanggung jawab?

Untuk menanggulangi masalah ini, maka biasanya document yang dipublish di internet berformat .pdf. Pasti udah sering liat donk .pdf yang isinya nggak bisa di copas (buat mahasiswa yg bikin laporan pasti udah sering ngalamain :D ). pertanyaannya? bagaiamana bikin .pdf yang secured? Nhah, semoga dengan tulisan ini setidaknya bisa sedikit membantunya :)

Untuk aplikasi yang akan digunakan adalah dengan menggunakan Ms.Word dan pdf creator, download pdf creator  dari filehippo, cuma 17 MBan.

Langkah 1:
Setelah pdf creator terinstall, maka print document yang akan kita buat file .pdf secured

Langkah 2:
Pilih Printer name pada PDFCreator, lalu Klik OK 

Langkah 3:
kemudian akan muncul jendela tampilan dari pdf creator, pilih tombol 'Option'

Langkah 4:
Di jendela bagian kiri, pilih Format PDF. Kemudian di jendela Sebelah kanan, pilih tab 'Security' dan centang bagian 'Use Security'. kemudian centang 'copy text and images', hal tersebut agar text dan images yang ada pada file .pdf tidak bisa dicopy.
Setelah itu klik Save.

Langkah 5:
pada langkah ini, akan muncul jendela yang tampilannya sama dengan langkah 3.
kemudian pilih 'Save'

Langkah 6:
Pilih Lokasi penyimpanan filenya, dan beri nama file tersebut. Kemudian klik Save

Langkah 7:
Setelah klik Save, nanti akan muncul jendela untuk memasukkan Password. Ketik password sesuai selera :D *makin panjang makin aman, hehe
lalu klik OK

Nhah, dan File .pdf (secured) pun udah siap untuk di Publish dan di share.
Selamat Mencobaaa!! :)

0 komentar:

Posting Komentar